Setting Google APPS untuk E-mail

15 10 2009

Ternyata setting google apps untuk email itu gampang2 susah.. hehe.. Saya sampe bingung. Apaan tuh Google Apps? Ntar saya coba jelasin yah.. Moga2 gak salah jelasinnya.. wkwkwkw…

Kalo anda punya domain misalnya garutleather.com dan anda ingin mengelola email yang ada pada domain tsb, anda bisa coba Google Apps. Google Apps memiliki fitur yang dimiliki oleh Gmail seperti perlindungan terhadap spam dan 6GB ruang penyimpanan.

Keuntungan pertama menggunakan Google Apps untuk email kita adalah penggunaan Google server sebagai tempat penyimpanan daripada tempat hosting kita. Kita tidak perlu khawatir tentang kapasitas hosting. Banyak hosting yang menggunakan kapasitas terbatas (karena alasan reliabilitas pelayanan atau biaya). Untuk mengatasi masalah pembatasan tersebut, kita perlu membatasi quota untuk setiap email, 10MB setiap email sebagai contoh. Dengan Google Apps, setiap email akan memiliki kapasitas sama dengan Gmail yang sekarang adalah 6GB.

Keuntungan kedua adalah adanya penyaringan anti spam. Saya tidak mengatakan bahwa kita akan terbebas sama sekali dari spam. Namun paling tidak ada fasiltas anti spam di email kita. Jika kita menggunakan server email sendiri, kita perlu menangani hal tersebut sendiri. Untuk para ahli, tentunya hal ini bukan masalah. Akan tetapi bagi saya, hal ini adalah masalah karena saya bukan ahlinya yang perlu waktu untuk belajar hal ini. Saya lebih memilih cara paling mudah dengan membiarkan Google Apps menggunakan anti spam yang dimiliknya di email saya.

Cara mengintegrasikan domain/hosting anda dengan Google Apps sbb:

Buka situs http://www.google.com/a/cpanel/domain/new
Centang/contreng Administrator: I own or control this domain
Pada kotak Enter your domain name masukkan nama domain anda, misalnya garutleather.com
Jangan lupa klik Get Started
Masukkan data2 yang diperlukan lalu klik Continue

Langkah selanjutnya pada isian Your administrator account, masukkan alamat email yang anda inginkan, misalnya admin atau info atau support
Masukkan passwordnya, baca Terms and Conditions lalu klik tombol I accept. Continue with set up

Selanjutnya ada 2 metode yang bisa anda pilih
1. Mengupload sebuah file HTML ke iniwebsaya.com
2. Mengubah iniwebsaya.com CNAME record

Pilih salah satu lalu klik tombol Continue.
Anda harus menyelesaikan langkah2 yang dianjurkan oleh Google Apps.
Jika anda memilih nomor 1, anda akan diminta untuk membuat sebuah file HTML misalnya dengan nama googlehostedservice.html dan kopi paste tulisan dibawahnya seperti google3022840934710c46 di file HTML tsb.
Jika sudah silahkan klik tombol “I’ve completed the steps above

Jika anda memilih metode nomor 2, maka anda akan diminta mensetting CNAME records sesuai dengan data yang muncul di layar komputer anda. Setelah anda memasukkan nama CNAME baru anda seperti google3022840934710c46 dan apabila anda sudah mengarahkan CNAME records ke google.com silahkan klik tombol “I’ve completed the steps above“.

Nanti kalo sudah selesai, alamat untuk mengakses email anda akan menjadi seperti ini : http://mail.google.com/a/garutleather.com dan email anda akan lebih keren namanya menjadi : aguskurn@garutleather.com

selamat mencoba

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: