Uang rakyat dipake utk menyelamatkan deposan besar Century !!!

7 09 2009

Jakarta – Meskipun pemerintah mengatakan penyelamatan Bank Century tidak memakai uang APBN, namun Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai lembaga negara, modal awalnya dibiayai melalui duit hasil pembayaran pajak rakyat.

Koordinator ICW Danang Widoyoko mengatakan modal awal LPS sebesar Rp 4 triliun semuanya berasal dari uang para pembayaran pajak.

“Jadi kita semua yang subsidi. Pemerintah bilang ini bukan duit APBN tapi LPS, tapi ingat LPS modal awalnya dari pemerintah Rp 4 triliun dan uang itu berasal dari pembayaran pajak yang kita kumpulkan,” katanya dalam diskusi bertemakan ‘Dibalik Kucuran Dana Bank Century’ di rumah makan di kawasan Jalan Pakubuwono, Jakarta, Sabtu (5/9/2009).

Danang mengatakan, menurut aturannya LPS hanya boleh menjamin dana nasabah dengan batas maksimal Rp 2 miliar, tapi dengan diselamatkannya Century maka semua nasabah besar dengan uang di atas Rp 2 miliar terselamatkan.

“Kemudian sepanjang Desember-Juli, sejumlah deposan besar sudah berhasil ambil Rp 5,6 triliun yang berhasil menarik. Mereka inilah yang diuntungkan dari kebijakan bailout ini,” jelasnya.

Dikatakan Danang, dana premi simpanan nasabah yang dibayarkan perbankan di Indonesia kepada LPS saat ini jumlahnya Rp 14 triliun, dan ternyata uang tersebut berasal dari komponen biaya administrasi yang dibayarkan para nasabah perbankan.

“Misalnya kita menabung uang sejuta berkurang drastis dalam beberapa bulan sebagian dipakai untuk premi simpanan. Ternyata sebagian besar premi tersebut ke Bank Century. Siapa saja kita yang punya rekening di bank sudah subsidi para deposan kaya di Century,” tandasnya.

Melihat hal tersebut, Danang menilai deposan-deposan besarlah yang mendapat keuntungan dari penyelamatan Bank Century,

“BPK harus mengaudit siapa saja deposan yang menarik dananya setelah dana dicairkan ke Century. Sebab bank ini kemudian butuh suntikan dana terus karena dananya terus ditarik, walapun Novemeber disuntik terus-terusan sampai Juli lalu, siapa yang menikmati subsidi kita,” tegasnya.

http://www.detikfinance.com/read/200…r-bank-century

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: