Puasa Panjang di Belanda, Subuh 04.24, Maghrib 20.52

29 08 2009

Den Haag -Berapa lama puasa Anda? Dari pukul 04.37 sampai 17.56 WIB? Puasa muslim di Negeri Belanda selama musim panas ini jauh lebih lama, dari pukul 04.24 sampai pukul 20.52. Isya baru mulai pukul 22.58.

Rentang waktu di atas adalah untuk puasa hari pertama, Sabtu (22/8/2009). Untuk hari ini dan hari-hari berikutnya terjadi pergeseran maju rata-rata dua menit, merujuk pada sumber Islamicfinder, dengan metode penghitungan Liga Muslim Dunia dan juristic method (metode mazhab hukum) Imam Syafii, Imam Hanbali dan Imam Maliki.

Karena sistem penanggalan umat Islam berbasis lunar (bulan), maka terjadi selisih 11 hari lebih pendek terhadap penanggalan Gregorian atau Masehi yang berbasis solar (matahari). Konsekuensinya waktu Ramadan dan hari besar umat Islam bergeser maju tiap tahun sejumlah hari tersebut.

Ini artinya enam tahun lagi puasa Ramadan umat Islam di Negeri Belanda akan jatuh tepat di hari-hari terpanjang musim panas yakni di 2015, di mana Ramadan akan mulai pada sekitar 17/6. Jika Ramadan mulai pada 17/6, maka waktu Subuh akan masuk pukul 03.04, Maghrib 22.03 dan Isya 00.04.

Hal sama berlaku juga pada musim panas di belahan bumi lain yang berada di antara garis Cancer ke utara (23,27oLU dan 66,33o LU) atau di lain waktu antara garis Capricorn ke Selatan (23,27oLS dan 66,33oLS).

Waktu eksak Subuh dan Maghrib per kota juga berbeda tergantung posisi Latitude dan Longitude masing-masing. Untuk periode musim panas yang siang harinya jauh lebih panjang daripada malam hari dengan temperatur udara bisa 33oC, para ulama menetapkan agar umat Islam setempat mengambil rujukan waktu kepada wilayah sejajar yang waktu siang dan malamnya masih terhitung normal atau bisa merujuk ke waktu Makkah.

Sebaliknya di waktu musim dingin, siang hari jauh lebih pendek daripada malam hari dengan temperatur udara bisa sampai -10oC. Waktu Subuh baru masuk mulai pukul 6.45, sedangkan pada pukul 16.39 Maghrib sudah masuk dan boleh berbuka. Isya juga mulai lebih awal yakni pukul 18.37, sehingga salat Tarawih bisa jauh lebih awal. (es/es)

sumber detik.com

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: